Senin, 23 Juli 2012

Wasir dan Langkah Penyebuhan dengan olahraga

Perlu dicamkan, beberapa penyakit colon (usus besar) memiliki gejala mirip dengan wasir. Maka berkonsultasilah dengan dokter jika Anda mencurigai adanya gejala-gejala wasir (ambeien) karena bisa saja Anda menderita masalah colon yang lebih serius terutama jika Anda berusia di atas 20 tahun dan keluarga Anda memiliki sejarah kanker colon. Bercak-bercak darah pada feces atau tetesan darah saat buang air besar, misalnya, juga dialami penderita kanker colon.
 
Penyebab bermacam-macam seperti obesitas, faktor keturunan, anal sex, defisiensi vitamin E, penuaan, duduk terlalu lama, terlalu sering mengangkat beban berat, kehamilan, sering mengejan terlalu kuat, diare, dan kebiasan BAB yang terlalu lama.
 
Gaya hidup ANda mempengaruhi terjadinya wasir. Kurang mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur mayur menyebabkan pengerasan feces. Pengerasan feces juga terjadi jika Anda terbiasa menunda buang air besar (BAB) karena kandungan air dalam feces yang tidak segera dibuang akan terus diserap oleh colon. Feces yang keras sulit dibuang dan dapat menyebabkan konstipasi sehingga memaksa Anda untuk mengejan sekuat-kuatnya.
 
Kebiasaan ini memberi tekanan besar pada pembuluh darah di rectum dan anus sehingga terbentuk wasir. Feces seharusnya padat namun dapat bergerak keluar dengan lancar. Maka banyak minum air putih, mencukupi asupan gizi dan makanan berserat penting untuk menghindari wasir. Olahraga rutin juga bagus untuk mengurangi resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar